Friday 12 December 2008

Dewandaru Lebih Atraktif Dibanding Buah Sayuran

JAKARTA - Dewandaru disebut juga belimbing mempunyai khasiat mencegah kerusakan oksidatif, akibat radikal bebas yang tidak dapat diatasi oleh antioksidan endogen dalam tubuh.

Dewandaru Lebih Atraktif Dibanding Buah Sayuran
Dewandaru Lebih Atraktif Dibanding Buah Sayuran
Article Tags
antioksidan bebas elektron endogen konsumsi oksidatif orbital radikal senyawa

Polusi yang dikeluarkan kendaraan bermotor dan industri, dan konsumsi cepat saji dapat mendorong terjadinya radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas adalah atom atau senyawa elektron yang tidak berpasangan pada orbital terluarnya, sehingga sifatnya tidak stabil dan cenderung dekstruktif.

Tidak ada pasangan elektro ini yang menyebabkan elektron bebas ini sangat reaktif dan mampu bereaksi dengan protein, lipid, karbohidrat, atau DNA.

Penyebab penyakit jantung koroner, kerusakan lensa mata, dan proses penuaan yang terlalu cepat karena terjadi kerusakan sel atau jaringan hidup.

Di dalam tubuh manusia, kerusakan akibat radikal bebas sebenarnya dapat diatasi oleh antioksidan endogen, tetapi jika radikal bebas berlebihan maka dibutuhkan antioksidan tambahan dari luar untuk menetralkan radikal yang terbentuk.

Cara mencegahnya dengan menghindari poluis, tidak merokok, kurangi konsumsi lemak jenuh, olahraga dengan tepat, dan hindari konsumsi makanan berpengawet dan pewarna.

Juga dengan mengkonsumsi vitamin A,C dan E dapat menangkal radikal bebas seperti sayur dan buah.

Dari Dewandaru ini karena mempunyai antioksidan yang lebih atraktif dibanding dengan buah atau sayuran lainnya.

Tanamannya memiliki kandungan polifenol maupun komponen flavonoid yang cukup tinggi.

No comments: